Skip to main content

Peningkatan Sumber Daya Manusia di Bidang Pendidikan Untuk Kehidupan dan Kebudayaan yang Lebih Baik


Dewasa ini pendidikan terus berkembang  dan semakin maju, terutama untuk meningkatkan nilai-nilai kehidupan umat manusia. Pendidikan dalam hal ini dijadikan sebagai norma dan bekal bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan yang berlaku di Indonesia, harus mendapatkan prioritas, baik dalam bidang sumber dayanya maupun faktor penunjang lainnya.
Pendidikan dan kebudayaan tidak bisa dipisahkan. Manusia memiliki, menjaga, dan melestarikan kebudayaan melalui proses pendidikan. Begitu pula ketika manusia membentuk pendidikan secara utuh, tentu saja manusia melalui proses kebudayaan-kebudayaan tertentu. Pendidikan mampu mengubah paradigma yang ortodok dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui pendidikan seseorang mampu menyerap ilmu secara konsisten.
Sumber daya manusia dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan menjadi hal yang utama dan harus mendapat perhatian serius dari semua pihak. Jika menginginkan baiknya mutu pendidikan maka sumber daya manusia pun harus ditingkatkan.
Peningkatan sumber daya manusia di bidang pendidikan untuk kehidupan dan kebudayaan yang lebih baik dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam bidang pendidikan harus melalui proses pendidikan pula. Untuk menyesuaikan agar pendidikan sejalan dengan peradaban masa kini yang tentunya mengedepankan nilai-nilai humanis, melestarikan kebudayaan, serta memiliki moral yang utuh dan menciptakan intelektualitas yang tinggi, maka tenaga pendidik haruslah berkualitas serta memiliki integritas yang tinggi untuk mewujudkan cita-cita yang luhur demi kemajuan pendidikan di suatu Negara. Sumber daya manusia tenaga pendidik harus ditingkatkan, baik mutu paradigmanya, mutu doktrin-doktrinnya, dan yang utama mutu intelektualitasnya. Dengan demikian proses pendidikan di suatu Negara akan bisa ditingkatkan.
Peningkatan sumber daya manusia di bidang pendidikan untuk kehidupan dan kebudayaan yang lebih baik sangat penting. Sumber daya manusia dalam bidang pendidikan ditingkatkan melalui proses panjang. Mulai dari penerimaan beasiswa untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, penerimaan tunjangan kesejahteraan pendidik, dan juga dengan lebih menekankan profesionalitas tenaga pendidik. Jika sumber daya manusia sudah benar-benar diterapkan secara matang dan professional, maka mutu pendidikanpun akan mengalami peningkatan. Hal–hal yang menyangkut dengan mutu sumber daya manusia untuk pendidikan yang lebih berkualitas sebenarnya letak pertamanya ialah pada sumber daya manusia itu sendiri. Dengan meningkatkan mutu sumber daya manusia yang handal, serta berkompetensi dalam bidangnya, maka tak pendidikan akan semakin maju, dan berkembang. Pembenahan sumber daya manusia yang berkualitas tentu saja akan diikuti dengan kebudayaan manusia yang beradab, sesuai dengan undang-undang yang diatur oleh Negara karena kebudayaan tak lepas dari kehidupan manusia serta pendidikan manusia seutuhnya.



Popular posts from this blog

MAKALAH PEREKONOMIAN INDONESIA Sistem Ekonomi

MAKALAH PEREKONOMIAN INDONESIA Sistem Ekonomi



Disusun oleh: 1.Ana Farkhana L L       (09416241028) 2.Eni Murwati                (09416241038) 3.Dwi Oktaviani N        (09416241048) 4.Fibriani Setyaningrum (09416241049)

PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010
KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas terselesaikannya makalah yang berjudul “Sistem Ekonomi”. Makalah yang masih perlu dikembangkan lebih jauh ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membacanya. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perekonomian Indonesia pada prodi Pendidikan IPS di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Secara garis besar makalah ini membahas pengertian sistem ekonomi dan macam-macam sistem ekonomi. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Anik Widiastuti, S.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Perekonomian Indonesia. Kami menyadari bahwa maka…

Makalah Sektor Pertanian di Indonesia

SEKTOR PERTANIAN (PEREKONOMIAN INDONESIA)



Disusun Oleh Revianandha Pratama             09416241001                                            Rahmah Pratiwi                      09416241006 Anggi Titis Mahandra             09416241035 Riyan Waskito                                    09416241036

PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010




KATA PENGANTAR
          Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas terselesaikannya makalah yang berjudul “Sektor Pertanian”. Makalah yang masih perlu dikembangkan lebih jauh ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membacanya. Makalah ini dibuat sebagai tugas mata kuliah Perkonomian Indonesia, secara garis besar membahasDefinisi Sektor Pertanian dan Subsektor Pertanian,

Makalah Demokrasi Parlementer

BAB I PENDAHULUAN
.LATAR BELAKANG Kemerdekaan bangsa Indonesia adalah cita- cita rakyat Indonesia yang telah  berasil dicapai, walaupun hal itu harus dicapai dengan segala kesulitan dan pengorbanan seluruh rakyat Indonesia pada saat itu. Namun walaupun telah merdeka dan diakui di mata dunia, bangsa Indonesia pada saat itu menghadapi harus menentukan masa depannya sendiri . pda masa itu di samping kemerdekaan telah diraih disisi lain banuyak terdapat kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan, dan tradisi-tradisi otoriter , maka banyak hal yang bergantung pada kearifan dan nasib baik pemimpin negri. Dalam tahun 1950 kendali pemerintah masih di tangan kaum nasionalis perkotaan dari generasiyang lebih tua dari partai- partai sekuler. Masalah- masalah social yang dihadapi bangsa Indonesia setelah terlepas dari belenggu penjajah, sisa- sisa penderitaan rakyat mendorong para elite negri untuk segera melakukan penataan dalam hal pemerintahan dan institusi.  Dari belanda dan jepang Indonesia mewari…