Skip to main content

Mengubah Pendidikan di Indonesia??


Mengubah pendidikan di Indonesia??Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah terluas dan penduduk yang sangat padat di dunia. Indonesia merupakan negara berkembang yang masih mempunyai masalah besar dengan pendidikan. Pendidikan yang bermutu tinggi  merupakan salah satu cara untuk memajukan suatu bangsa. Faktor dan masalah yang menghambat pendidikan di Indonesia sangat banyak, faktor tersebut antara lain adalah kurangnya fasilitas yang memadai, kurangnya pemeretaan pendidikan, pengajar yang kurang professional serta sistem pendidikan masih kurang baik baik misalnya masalah kurikulum yang diterapkan di Indonesia.
Mengubah pendidikan di Indonesia tidak mudah, harus dimulai dengan menanamkan akan pentingnya pendidikndidikan dan, dimulai dari lingkungan keluarga khususnya orang tua, peran serta orang tua dalam menanamkan pendidikan sangatlah penting, kita sebagai pendidik harus mampu meyakinkan orang tua bahwa pendidikan sangatlah penting untuk anaknya dan untuk masa depan. Kita sebagai pendidik harus mampu menanamkan pendidikan karakter kepada siswa supaya mempunyai karakter sesuai dengan pedoman bangsa kita yaitu pancasila. Menurut saya menanamkan pendidikan karakter harus dimulai dari guru itu sendiri, misalnya kita selalu menerapkan kejujuran dalam berbagai hal, seperti jangan mencontek waktu mengerjakan ulangan, hal – hal kecil seperti itu apabila kita terapkan kepada peserta didik setiap hari akan menjadi kebiasaan siswa yang merubah mereka kearah yang lebih baik.
Kualitas pendidik merupakan salah satu upaya untuk mengubah pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik, kualitas pendidik bias ditingkatkan dengan berbagai cara, misalnya para pendidik diberikan pelatihan – pelatihan untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan kualifikasi atau bidangnya atau bisa dengan melalukan diklat. Menurut saya banyak guru yang tidak sesuai dengan kualifikasi mereka dipaksa harus mengajar di bidang yang lain, misalnya guru dengan lulusan pendidikan IPS harus mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia, itu terjadi karena masalah kurangnya tenaga pendidik yang ada di Indonesia dan mengakibatkan guru mendapat  menjadi tidak fokus pada bidangnya dan para siswa kurang mendapat ilmu dari tenaga ahli yang sesuai dengan bidangnya.
Untuk mengubah pendidikan di Indonesia agar lebih maju maka pendidikan harus merata. Kenyataannya pendidikan di Indonesia belum merata, banyak anak – anak di daerah pelosok belum mendapatkan pendidikan, harusnya pemerintah memberikan sarana dan prasarana yang memadai, memberikan bahan ajar dan menyediakan tenaga pendidik khusunya di daerah luar jawa agar anak – anak memperoleh kesempatan pendidikan yang lebih baik.

Semua uraian di atas tu semua memerlukan jangka waktu yang panjang, hal yang paling sederhana dengan melakukan perubahan kecil yaitu dari diri kita sendiri sebagai tenaga pendidik, kita bisa meningkatkan kemampuan teaching kita, berusaha menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan bervariasi, serta memotivasi siswa agar semangat belajarnya meningkat… semangat buat para pendidik di Indonesia!!!

Popular posts from this blog

MAKALAH PEREKONOMIAN INDONESIA Sistem Ekonomi

MAKALAH PEREKONOMIAN INDONESIA Sistem Ekonomi



Disusun oleh: 1.Ana Farkhana L L       (09416241028) 2.Eni Murwati                (09416241038) 3.Dwi Oktaviani N        (09416241048) 4.Fibriani Setyaningrum (09416241049)

PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010
KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas terselesaikannya makalah yang berjudul “Sistem Ekonomi”. Makalah yang masih perlu dikembangkan lebih jauh ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membacanya. Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Perekonomian Indonesia pada prodi Pendidikan IPS di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Secara garis besar makalah ini membahas pengertian sistem ekonomi dan macam-macam sistem ekonomi. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Anik Widiastuti, S.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Perekonomian Indonesia. Kami menyadari bahwa maka…

Makalah Sektor Pertanian di Indonesia

SEKTOR PERTANIAN (PEREKONOMIAN INDONESIA)



Disusun Oleh Revianandha Pratama             09416241001                                            Rahmah Pratiwi                      09416241006 Anggi Titis Mahandra             09416241035 Riyan Waskito                                    09416241036

PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2010




KATA PENGANTAR
          Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas terselesaikannya makalah yang berjudul “Sektor Pertanian”. Makalah yang masih perlu dikembangkan lebih jauh ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membacanya. Makalah ini dibuat sebagai tugas mata kuliah Perkonomian Indonesia, secara garis besar membahasDefinisi Sektor Pertanian dan Subsektor Pertanian,

Makalah Demokrasi Parlementer

BAB I PENDAHULUAN
.LATAR BELAKANG Kemerdekaan bangsa Indonesia adalah cita- cita rakyat Indonesia yang telah  berasil dicapai, walaupun hal itu harus dicapai dengan segala kesulitan dan pengorbanan seluruh rakyat Indonesia pada saat itu. Namun walaupun telah merdeka dan diakui di mata dunia, bangsa Indonesia pada saat itu menghadapi harus menentukan masa depannya sendiri . pda masa itu di samping kemerdekaan telah diraih disisi lain banuyak terdapat kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan, dan tradisi-tradisi otoriter , maka banyak hal yang bergantung pada kearifan dan nasib baik pemimpin negri. Dalam tahun 1950 kendali pemerintah masih di tangan kaum nasionalis perkotaan dari generasiyang lebih tua dari partai- partai sekuler. Masalah- masalah social yang dihadapi bangsa Indonesia setelah terlepas dari belenggu penjajah, sisa- sisa penderitaan rakyat mendorong para elite negri untuk segera melakukan penataan dalam hal pemerintahan dan institusi.  Dari belanda dan jepang Indonesia mewari…